Pertanyaan yang sering timbul dalam proses penyusunan SOP adalah harus mulai dari mana, seperti apa bentuknya, dan apa saja yang harus dituangkan dalam SOP. Buku “Mudah Menyusun SOP” akan membantu Anda memberikan gambaran seperti apa struktur SOP dalam organisasi, jenis-jenis dokumen yang termasuk dalam SOP, cara menyusun dokumen SOP, serta cara untuk memastikan agar prosedur yang diatur dalam SOP berjalan dengan efektif dan efisien. Walaupun model yang dijelaskan dalam buku ini adalah model yang umumnya digunakan dalam korporasi besar, namun Sistem Tata Kerja yang diulas dapat juga diterapkan dalam organisasi kecil atau bisnis perorangan.
Buku ini diawali dengan pengenalan SOP dan Sistem Tata Kerja, struktur dokumen Sistem Tata Kerja, dan siapa saja yang menggunakan Sistem Tata Kerja. Bab II menjelaskan mengenai daur hidup Sistem Tata Kerja serta proses penyusunan dan pengembangan Sistem Tata Kerja. Bab III menjelaskan mengenai organisasi dan cara menyusun proses bisnis yang berlangsung dalam organisasi. Bab IV sampai dengan Bab VII menjelaskan lebih detail mengenai dokumen yang digunakan dalam Sistem Tata Kerja, seperti fungsi dari masing-masing dokumen dan cara penyusunannya. Bab VIII menjelaskan mengenai audit kepatuhan sebagai mekanisme untuk memastikan agar Sistem Tata Kerja dilaksanakan secara konsisten dalam organisasi. Pada Bab IX dijelaskan mengenai tata cara pengendalian dokumen Sistem Tata Kerja dan rekaman yang menjadi bukti implementasi Sistem Tata Kerja secara konsisten. Di bagian akhir buku, terdapat contoh-contoh dokumen STK dalam organisasi. Buku ini juga dilengkapi dengan CD yang berisi detail diagram alir dan format prosedur yang tercantum di dalam buku.
Judul: Mudah Menyusun SOP
Penulis : Arini T. Soemohadiwidjojo
Penerbit : Penebar Plus
Terbit : Jakarta, November 2014
ISBN : 9786021279175
Harga : Rp 54.000,-
Tidak ada komentar:
Posting Komentar