Jumat, 31 Oktober 2014

Rahasia Menjadi Penulis dan Membuat Buku

Hari ini, banyak orang yang ingin menjadi penulis, tapi tidak tahu harus mulai dari mana, menulis apa, atau harus seperti apa tulisannya. Sebenarnya tipsnya sangat sederhana: mulailah menulis. Saat Anda tak tahu mau menulis apa, mulailah menulis sesuatu yang Anda sukai atau Anda kuasai. Jika Anda menyukai tentang parenting, tulislah tentang parenting. Jika Anda menguasai masalah marketing, tulislah tentang marketing. Jangan risaukan masalah kualitas tulisan dan EYD. Semakin sering Anda menulis, Anda akan semakin terlatih untuk membuat tulisan yang berkualitas dan mengikuti kaidah-kaidah EYD.

Saya mulai berlatih menulis dengan menulis buku harian. Tentu saja, isi tulisan tersebut sangat personal bagi saya, jadi seandainya tulisannya jelek, kalimatnya tidak “bunyi”, atau melanggar EYD,  tidak ada yang akan mengomentari, karena tulisan-tulisan itu memang hanya untuk konsumsi saya sendiri. Namun semakin sering saya menulis, ternyata kemampuan saya untuk memilih kata dan menyusun kalimat yang “bunyi” menjadi lebih terasah. Kemampuan ini terasa sangat membantu ketika saya memberanikan diri untuk menulis artikel ilmiah, sebuah tulisan dengan topik yang serius untuk dibaca publik. Kata demi kata mengalir dengan lebih mudah, dan hasilnya adalah sebuah artikel yang mudah dipahami namun tidak meninggalkan esensi isinya.

Semakin sering kita menulis, biasanya timbul cita-cita baru: membuat buku. Hampir semua orang yang aktif menulis ingin menulis buku. Namun seringkali proses penulisan buku terbentur oleh berbagai kendala, mulai dari kesulitan menemukan ide buku, proses penulisan buku itu sendiri, hingga bagaimana buku tersebut akan diterbitkan. Terkadang ide topik buku sudah muncul, tapi bingung harus mulai menulis dari mana. Ketika sudah mulai menulis buku, terkadang penulis terbentur writers’ block, yang membuat  penulis seperti mati gaya dan tidak punya ide apa yang harus diulas untuk meneruskan tulisannya. Ketika naskah buku sudah selesai, persoalan lain timbul: ke mana naskah buku ini harus diberikan agar diterbitkan dan dapat dibaca oleh khalayak?
Berikut ini adalah beberapa tips menulis buku agar penulisan buku berjalan dengan lancar:
  • Tentukan topik yang ingin ditulis, dan fokus serta konsisten menulis topik tersebut. Sama seperti ketika Anda mengawali menjadi penulis, pilihlah topik yang Anda sukai dan kuasai betul. Memilih topik yang disukai dan dikuasai merupakan hal yang bisa memotivasi Anda untuk terus menulis dan menulis hingga buku tersebut rampung. 
  • Tetapkan siapa target pembacanya. Ini akan menentukan gaya bahasa yang Anda gunakan dalam menulis buku.
  • Tetapkan target jumlah halaman buku. Kemudian tetapkan target menulis harian secara realistis (misalnya 5 halaman A4 per hari), untuk mengetahui berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menulis buku tersebut.
  • Sebelum menulis, buat kerangka/outline sebagai panduan Anda. Outline akan membuat proses penulisan buku Anda lebih terarah. Outline juga bermanfaat ketika Anda mengalami writers’ block, karena akan membantu menyegarkan ingatan Anda tentang desain awal dari buku yang sedang Anda tulis.
  • Dalam proses menulis, carilah data yang valid. Gunakan referensi sebanyak-banyaknya, jika perlu lakukan wawancara dengan banyak narasumber. Sebuah buku dengan data yang obsolete atau data yang salah tentunya tidak akan menarik untuk dibaca dalam jangka panjang. Untuk buku bergenre non fiksi, keabsahan data merupakan sebuah keharusan. Bahkan buku bergenre fiksi seperti novel atau teenlit akan menjadi lebih menarik jika setting yang digunakan mendekati kondisi yang sebenarnya.
  • Setelah selesai menulis, lakukan self-editing, untuk memastikan tulisan Anda “bunyi”, enak dibaca, alurnya mengalir, dan sesuai EYD.

Setelah buku selesai ditulis, tahap berikutnya adalah menerbitkan buku tersebut. Banyak cara agar buku tersebut bisa dipublikasikan kepada khalayak. Cara yang konvensional adalah dengan menawarkan naskah tersebut kepada penerbit. Tentunya Anda harus mencari penerbit yang sesuai dengan genre tulisan Anda, serta memiliki reputasi yang terpercaya. Tidak jarang terjadi kasus penulis yang naskahnya dibawa lari oleh penerbit yang memiliki itikad kurang baik, atau ketika buku sudah terbit, pembayaran naskah atau royaltinya tidak pernah dilakukan. Untuk tahu mana penerbit yang terpercaya, Anda bisa berdiskusi dengan penulis yang berpengalaman menerbitkan buku.

Pada umumnya penulis ingin bukunya dapat diterbitkan oleh penerbit besar yang bonafit, syukur-syukur bisa menembus penerbit papan atas seperti Gramedia Group. Namun di penerbit besar, proposal buku Anda akan bersaing dengan ratusan, bahkan ribuan proposal buku lainnya. Saat ini ada cara agar konsep buku Anda bisa diterbitkan lebih cepat, yaitu melalui self-publishing. Pada umumnya penerbit yang melayani jasa self-publishing bersedia menerbitkan naskah Anda, bagaimana pun kualitas naskahnya, selama naskah tersebut bermanfaat, tidak mengandung penghinaan, SARA, atau hal-hal lain yang melanggar norma dan etika pada umumnya. Salah satu penerbit yang memiliki layanan self-publishing adalah Rasibook, yang menyediakan berbagai layanan paket penerbitan.



Sudah mencoba ke penerbit besar, sudah mencoba self-publishing, tapi buku Anda masih belum beruntung? Tetaplah berikhtiar. Sama seperti setiap orang yang memiliki rejekinya masing-masing, setiap tulisan pun memiliki “rejeki”nya sendiri. Apakah tulisan kita ditakdirkan untuk menjadi buku yang laku keras dan bermanfaat, kita tidak pernah tahu jika tidak pernah melakukan upaya untuk menerbitkannya. Beberapa penulis ternama telah membuktikan bahwa mereka perlu mencoba hingga ribuan kali, sebelum buku mereka diterbitkan dan menjadi best seller sepanjang masa. Jadi jangan pernah menyerah, tetap semangat untuk menulis dan mencoba menerbitkan buku, mungkin suatu saat Anda akan ditunjukkan jalan yang terbaik untuk menulis buku dan menerbitkannya, serta memberikan manfaat bagi banyak pihak.



Updated: tulisan ini dan beberapa tulisan peserta lomba lainnya sudah dibukukan dalam buku "Jejak Langkah Penulis" terbitan Rasibook. Dapatkan segera di www.rasibook.com!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar