Sabtu, 20 Februari 2016

Kuliah Jurusan Apa? Fakultas Teknik Jurusan Teknik Kimia



Judul Buku : Kuliah Jurusan Apa? Fakultas Teknik Jurusan Teknik Kimia
Jenis : Buku Umum/Edukasi
Penulis : Arini Tathagati
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama, November 2015
ISBN : 9786020323459
Kolasi : viii + 118 halaman

Terkadang calon mahasiswa dan orang tua menghadapi kebingungan dalam memilih bidang studi apa yang sebaiknya diambil saat menempuh pendidikan di perguruan tinggi. Seringkali calon mahasiswa dan orang tua mendapatkan bayangan atau informasi yang kurang tepat mengenai jurusan yang dipilih. Kasus lainnya, banyak yang terbuai mimpi memilih jurusan bergengsi, padahal minat dan kemampuannya tidak sesuai dengan jurusan tersebut. Akibatnya seringkali mahasiswa mengalami hambatan pada saat belajar di perguruan tinggi, bahkan dapat berujung pada mahasiswa tersebut drop-out.

Buku ini berisi gambaran mengenai program studi Teknik Kimia, mulai dari lingkup program studinya, mata kuliah yang dipelajari, serta profesi apa saja yang bisa dijalani oleh para lulusannya. Khususnya bagi para calon mahasiswa, buku ini juga memberikan berbagai kiat-kiat menempuh pendidikan di program studi Teknik Kimia. Setelah membaca buku ini, baik para calon mahasiswa maupun orang tua akan lebih memahami mengenai program studi Teknik Kimia dan profesi insinyur teknik kimia, sehingga dapat dijadikan bahan pertimbangan dalam memilih program studi yang akan ditempuh di perguruan tinggi.

Buku ini diawali dengan pengenalan Program Studi Teknik Kimia, bagaimana sejarah munculnya bidang keilmuan Teknik Kimia, dan peluang profesi apa saja yang bisa dijalani lulusan Program Stui Teknik Kimia. Bab II menjelaskan mengenai materi apa saja yang dipelajari di Program Studi Teknik Kimia, baik materi yang disampaikan di kelas, praktikum di laboratorium, kerja praktek, perancangan pabrik, hingga penelitian. Pada Bab III, disampaikan mengenai minat dan kemampuan apa saja yang sebaiknya dimiliki jika ingin berhasil menempuh pendidikan di Program Studi Teknik Kimia. Pada Bab IV, terdapat kiat-kiat untuk berhasil dalam menjalani pendidikan di Program Studi Teknik Kimia, termasuk kiat-kiat untuk hal-hal non teknis di luar kegiatan pendidikan. Sedangkan pada Bab V diberikan daftar universitas di Indonesia yang memiliki program studi S1 Teknik Kimia beserta status akreditasinya di tahun 2015.

1 komentar: