Minggu, 19 Juli 2020

Mencegah Kebakaran Akibat Microwave

Microwave merupakan sejenis oven listrik yang saat ini umum ditemukan baik di rumah maupun di kantor. Microwave sangat bermanfaat dalam membantu mempersingkat waktu mempersiapkan makanan agar lebih nikmat saat dimakan. Namun jika tidak digunakan dengan hati-hati, microwave bisa cepat rusak, atau bahkan berpotensi menimbulkan bencana kebakaran.

Seperti yang pernah terjadi di area breakout sebuah gedung perkantoran. Saat sesudah jam makan siang, tiba-tiba tercium bau gosong yang menyengat dari microwave yang sedang dalam keadaan menyala. Karyawan yang sedang berada di sekitar area breakout segera mematikan microwave dan membuka tutup microwave. Terlihat makanan yang sedang dihangatkan sudah dalam keadaan gosong (over heating). 



Setelah kejadian tersebut diselidiki, ternyata pengguna microwave sebelumnya memasang tingkat panas di maksimum, serta pengatur waktu dipasang melebihi waktu yang seharusnya digunakan. Pelanggaran Life Saving Rules lain yang terjadi adalah microwave dioperasikan tanpa pengawasan, sehingga ketika terjadi masalah tidak ada yang segera mengambil tindakan penanganan, menyebabkan makanan yang dipanaskan menjadi gosong.

Pelajaran yang dapat diambil dari peristiwa di atas untuk mencegah berulangnya peristiwa ini adalah sebagai berikut:
  • Sesuaikan pengoperasian microwave dengan jenis makanan yang akan dihangatkan. Biasanya microwave disertai buku panduan yang menyebutkan lama waktu dan tingkat panas yang sebaiknya digunakan untuk berbagai jenis makanan. Ikuti panduan tersebut untuk memastikan makanan yang akan dihangatkan tidak terlalu lama dipanaskan sehingga over heat.
  • Jangan meninggalkan microwave tanpa pengawasan saat beroperasi. Microwave umumnya dioperasikan dalam waktu singkat, sehingga mengawasi microwave bukan hal yang memakan waktu. Menunggui microwave yang sedang beroperasi akan memastikan kita bisa mengambil tindakan segera jika terjadi masalah saat menggunakan microwave.
  • Gunakan hanya wadah dan peralatan yang aman untuk microwave. Umumnya wadah kaca aman digunakan untuk microwave. Beberapa wadah plastik aman untuk digunakan di microwave, asal tidak terlalu lama. Biasanya pada dasar wadah plastik tersebut terdapat tulisan “microwave oven safe”. Jangan gunakan wadah dari logam (termasuk aluminium foil), karena wadah logam sangat mudah menyerap panas, sehingga jika digunakan dalam microwave berpotensi terjadi over heat.
Demikian cara mencegah kebakaran akibat penggunaan microwave yang kurang hati-hati. Peristiwa ini mengingatkan kembali agar kita sadar bahwa Safety is Everyone’s Responsibility. Dengan selalu mengedepankan keselamatan dalam setiap tindakan kita, selain menjaga menjaga keselamatan diri sendiri, kita juga akan membantu menjaga keselamatan orang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar